Tips Membeli Perumahan Syariah

Bismillahirrahmanirrahiim....

Mungkin Anda salah satu orang yang merasa berat sekali ketika ingin membeli rumah. Hal ini disebabkan Anda belum tahu tips membeli perumahan syariah di Tasikmalaya.

Tidak hanya Anda. Hampir semua orang merasa berat sekali untuk memiliki rumah. Hingga akhirnya mereka memutuskan untuk memberanikan diri berhutang atau mengajukan KPR. Padahal, jika dihitung-hitung, justru biaya yang harus mereka lakukan bisa semakin membebani. Jumlah uang yang Anda akhirnya keluarkan bisa mencapai dua kali lipat harga rumah seharusnya.

Maka dari itu, solusinya adalah membeli perumahan secara syariah. Karena konsepnya syariah, jelas model jual beli ini tidak ada yang namanya tambahan uang atau riba ataupun sita.

Lalu, bagaimana cara membeli perumahan secara syariah?

Sekarang ini, model jual beli syariah sudah banyak diterapkan. Tidak hanya dalam hal barang saja, tapi juga perumahan. Anda bisa mencari developer yang menawarkan cara jual beli secara syariah.

tips beli rumah hunian baru syariah di tasikmalaya

Ada beberapa hal yang membedakan dengan cara jual beli rumah secara menggunakan KPR biasa:

Perbedaan Property syariah & Konvensional

- Harga Jual Yang Jelas

Jual beli rumah secara syariah mensyaratkan adanya harga rumah secara jelas. Dan ini diketahui oleh kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli, dari awal transaksi. Jadi, tidak ada kelebihan yang sering disebut dengan riba.

- Cicilan Flat

Cicilan flat artinya setiap bulan uang yang Anda setorkan itu sama, terlepas adanya inflasi dan lain sebagainya.

- Langsung Dengan Developer

Kebanyakan developer yang menerapkan jual beli perumahaan secara syariah itu tidak melibatkan bank atau pihak ketiga. Jadi, Anda langsung bertransaksi dengan developer.

- Tidak Ada Denda atau Sita

Karena kosepnya syariah, pihak developer tidak akan memberikan denda atau sita ketika terjadi tunggakan. Namun, semua masalah diselesaikan secara musyawarah.

Jadi, jelaskan mengapa Anda sebaiknya memilih untuk membeli perumahan secara secara syariah?

Sebenarnya ada juga model pembelian rumah syariah lainnya. Misalkan saja Anda bisa melakukan pembelian secara tunai bertahap. Dalam hal ini, diperlukan kesepakatan serta kepercayaan antara Anda sebagai pembeli dengan penjual rumah.Yang pasti, cara membeli rumah syariah seperti ini bisa menghindarkan Anda dan juga pembeli dari masalah yang berkaitan dengan dunawi maupun ukhrowi.


Comment with Facebook